Kejaksaaan Tinggi Kalteng Melaksanakan Tes Narkoba

  • 13/10/2020 15:04:21
  • Administrator
  • 188

Pada hari Selasa tanggal 13 Oktober 2020, Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah telah melaksanakan pemeriksaan Narkoba melalui Test Urine yang bekerjasama dengan pihak BNN (Badan Narkotika Nasional) Provinsi Kalimantan Tengah. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang Aula Kejaksaan Tinggi Kalimantan yang diikuti oleh seluruh pegawai Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah diantaranya Kajati, Wakajati, para Asisten Kajati, Koordinator, Kasi, Kasubbag, Kasubsi, para Jaksa Fungsional, pegawai Tata Usaha, pegawai honorer, petugas Security dan Cleaning Service di lingkungan Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah.

Kegiatan Test Urine di Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah ini dilakukan untuk menindaklanjuti Surat Direktur Tindak Pidana Narkotika dan Zat Adiktif Lainnya pada JAM Pidum Kejaksaan Agung RI Nomor : B-4138/E.4/Enz.2/09/2020 tanggal 9 September 2020 yang ditujukan kepada seluruh Kepala Kejaksaan Tinggi di Indonesia untuk melaksanakan Test Urine bagi Pegawai Kejaksaan di lingkungan kerja masing-masing. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya dan program pemerintah dalam memerangi penyalahgunaan dan peredaran Narkoba di Indonesia sesuai dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (RAN P4GN) Tahun 2020-2024.

Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah (Kajati Kalteng) Dr. Mukri, SH. MH. memimpin langsung pemeriksaan urine Jaksa dan Pegawai di lingkungan Kejati Kalteng. Usai menyerahkan tabung urinenya ke petugas BNN Provinsi Kalimantan Tengah, Kajati menegaskan pelaksanaan pemeriksaan urine ini dilaksanakan sebagai wujud dari komitmen Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah untuk memastikan tidak adanya Jaksa maupun Pegawai di Kejati Kalteng yang terjerat penyalahgunaan dan peredaran Narkotika dan Zat Adiktif lainnya. Lebih lanjut Kajati mengatakan “pemeriksaan ini untuk mewujudkan personil Kejaksaan yang bersih, bersih dari segala hal yang menyimpang dan melanggar hukum, salah satunya bersih dari Narkoba. Institusi Kejaksaan sebagai bagian dari Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Aparat Penegak Hukum harus menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat dengan menjauhkan diri dari perbuatan penyalahgunaan Narkotika. Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan Jaksa dan Pegawai di Lingkungan Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah bebas dari penyalahgunaan Narkotika dan merupakan perwujudan komitmen dalam rangka mendukung program Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah.

Kajati menjelaskan, “kegiatan ini terlaksana atas kerjasama dengan BNN Provinsi Kalimantan Tengah dan tidak diberitahukan kepada Jaksa dan Pegawai, sehingga diyakini semua Jaksa dan Pegawai yang diambil urinenya benar-benar tidak tahu akan adanya kegiatan ini. Jika ditemukan personil yang hasil urinenya positif terindikasi Narkoba, maka akan ditindaklanjuti oleh bidang Pengawasan Kejati Kalteng sesuai SOP yang berlaku dan seluruh hasil pemeriksaan urine ini akan dilaporkan ke Kejaksaan Agung RI”.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNN Provinsi Kalteng Drs. M. Soeja’i memberikan apresiasi kepada Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah yang ikut mengambil bagian dalam upaya pemberantasan penyalahgunaan Narkoba di lingkup Aparatur Sipil Negara (ASN), yang dibuktikan dengan dilakukannya pemeriksaan urine kepada semua Jaksa dan Pegawai di lingkungan Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah secara serentak tanpa pemberitahuan lebih dahulu.


Foto Lainnya

KETENTUAN

Isi situs bersifat informatif, bukan merupakan legal opinion dari Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah. Apabila terdapat data elektronik based yang berbeda dengan data paper based, maka yang menjadi acuan adalah data paper based.